Wattpad : Aplikasi Wajib untuk Si Penulis dan Pembaca

05.58



Punya hobi menulis cerpen atau pun novel dan ingin karyanya dibaca oleh banyak orang? Atau sekedar suka membaca berbagai cerita secara gratis? Wattpad adalah jawabannya.

Apa itu Wattpad? Wattpad adalah salah satu platform terbesar yang menyediakan wadah menulis bagi para penulis, entah itu penulis amatir atau penulis professional. Tulisan atau cerita yang kita publish nantinya akan dapat dibaca oleh para pengguna wattpad lainnya secara gratis. Jadi, di Wattpad kita bisa men-share berbagai cerita yang kita buat dan juga kita bisa membaca ribuan cerita dari penulis lainnya secara gratis.

Bagi kamu yang senang menulis ataupun masih sekedar belajar menulis, Wattpad adalah wadah yang tepat. Cerita yang kita publish dimungkinkan dibaca oleh banyak orang, diberi komentar dan saran dan juga bonus vote jika readers menyukai cerita kita. Tentu saja, sebagai penulis, pendapat dari orang lain merupakan salah satu elemen penting.

Sebenarnya, masih banyak platform kepenulisan lainnya. Hanya saja, wattpad sudah memiliki jauh lebih banyak user aktif dibanding platform lain.

Lalu, kenapa sih kita harus menulis di Wattpad?

1. Hitung-hitung sebagai bentuk latihan. Menulis itu sama seperti skill lainnya, jika dipraktekkan setiap hari secara rutin, maka skill menulis kita akan semakin mumpuni.

2. Dibaca oleh banyak orang. Coba hitung berapa lembar cerita yang telah kamu tulis, namun hanya teronggok indah di folder Microsoft Word-mu. Dibanding menyimpan sendiri, lebih baik publikasikan ceritamu di wattpad. Percayalah, semangat menulismu akan terpacu jika melihat jumlah readersmu bertambah setiap harinya.

3. Dapat ilmu dari readers. Lihat komentar-komentar yang dikirimkan oleh pembacamu.  Misalnya, ada readers yang mengomentari masalah typo yang sering terjadi atau masalah kalimat-kalimat yang kurang efektif dan sebagainya. Jadi, anggap saja readers adalah editor untuk cerita kita.

4. Dilirik oleh penerbit. Ceritamu disukai banyak pembaca, jumlah readers meledak, komentar-komentar yang mendukung ceritamu bertaburan sedangkan vote terus melonjak. Penerbit mana yang tidak akan melirikmu. Contohnya, Dear Nathan karya Erisca Febrina yang menembus angkah 14 juta readers dan kemudian diterbitkan oleh Gramedia. Kuncinya satu, buat cerita yang menarik.

5. Punya modal untuk Self-Publishing. Ceritamu sudah punya banyak pembaca, tapi tawaran dari penerbit tak kunjung datang. Maka, Self-Publishing saja. Terbitkan ceritamu sendiri dari platform-platform self publising lalu beritahu readersmu. Jika mereka sudah jatuh hari dengan tulisanmu, mereka takkan ragu untuk membeli buku terbitanmu kok.

Selain sebagai wadah menulis, Wattpad juga wadah untuk membaca banyak cerita yang cukup berkualitas. Nyatanya, cukup banyak cerita yang punya ide menarik dan unik yang bisa kamu baca di Wattpad. Jadi, kamu bisa melihat, cerita apa yang punya pasar pembaca yang besar, cerita seperti apa yang disukai pembaca. Baca juga komentar-komentar pembaca di cerita penulis lain sebagai bahan masukan untuk ceritamu sendiri.

Jadi, bagi kamu yang gemar menulis atau pun membaca, aplikasi Wattpad sangatlah wajib untuk di-download di smartphone kamu, sehingga kamu bisa membaca dan menulis dimana pun kamu berada dengan mudah.



You Might Also Like

0 komentar

Baca juga :

Subscribe