Ingin Menyelenggarakan Pesta Pernikahan, Perhatikan 8 Hal Penting Ini!

06.43



Setiap orang pasti punya pernikahan impian. Entah itu pernikahan ala princess disney seperti pernikahan Sandra Dewi beberapa waktu lalu atau pernikahan ala adat yang terkesan unik dan penuh sarat budaya atau pernikahan sederhana nan khidmat yang hanya dihadiri keluarga dan rekan dekat saja. Jenis apapun pernikahan yang kita impikan, tentunya kita ingin moment paling berharga dalam hidup itu berjalan dengan apik dan sempurna.

Demi membuat pernikahan impian berjalan sempurna, tak sedikit dari kita yang menggunakan jasa Wedding Organizer dalam mengatur kelancaran planning yang kita punya. Namun, menyewa jawa Wedding Organizer tentu tidaklah murah. Bagi anda yang berencana untuk mengatur rencana pernikahan sendiri, demikian adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan.

1. Menentukan Hari dan Tanggal.

Penentuan hari dan tanggal resepsi pernikahan memang biasanya adalah hasil diskusi bersama, baik itu bersama pasangan ataupun pihak keluarga.

2. Buat Rencana Anggaran

Kita tentu ingin segala yang terbaik untuk hari pernikahan kita. Tapi, ada baiknya jika kita menyesuaikan juga dengan budget yang ada. Jangan sampai setelah hari pernikahan, kita malah terlilit hutang yang tentu tidak baik untuk kehidupan rumah tangga setelahnya. Jadi, sesuaikan semua dengan budget yang ada. Tidak meluluh yang baik itu harus mahal. Buatlah rencana anggaran, mulai dari biaya sewa gedung dan dekorasi, hiburan, catering, souvenir, pakaian, make up dan biaya tak terduga lainnya.

3. Planning and To do List.

Tuliskan apa-apa yang harus ada lakukan dan juga kisaran waktu yang tepat untuk melakukannyanya. Misalnya, menyewa gedung lebih baik dilakukan minimal 4-6 bulan sebelum hari H. Saat ini, banyak sekali contoh Wedding planning checklist yang tersedia di internet. Anda bisa men-download-nya agar mempermudah pekerjaan anda dalam mengecek apa-apa saja yang harus anda lakukan.


4. Daftar tamu yang akan diundang

List orang-orang yang akan kamu undang. Mulai dari keluarga besar, teman keluarga, rekan kerja, teman sekolah, kuliah, teman komunitas, orang-orang di lingkungan rumah, dan lain-lainya. Tentukan berapa orang yang akan kamu undang ke pernikahan kamu sehingga bisa menyesuaikan dengan tempat pernikahan, catering, souvenir dan sebagainya.


5. Tempat pernikahan.

Tentukan dimana pernikahan anda akan berlangsung. Gedung, rumah, taman, tempat ibadah? Jika pernikahan tidak berlangsung di rumah, usahakan untuk mereservasi tempat jauh-jauh hari sebelumnya. Buatlah beberapa list tempat yang anda inginkan untuk menghindari tempat tersebut telah di-book orang lain sebelumnya pada tanggal tersebut. Jangan lupa, bandingkan harga juga. Jangan sampai anggaran anda terbuang sia-sia hanya untuk gedung saja.

6. Dekorasi

Sudah menemukan tempat yang sesuai? Kini giliran mencari dekorasi atau penyedia jasa pelaminan yang sesuai. Untuk dekorasi, kamu bisa browsing dari internet atau instagram untuk menemukan yang sesuai. Mulailah untuk mengontak si owner dan minta price list. Sekali lagi, bandingkan harga mulai 3 sampai 5 tempat berbeda. Jangan lupa, tanyakan harga paket secara lengkap. Bandingkan harga dan kelengkapan paket juga.
Kamu juga bisa minta rekomendasi dari teman atau jika anda pernah menghadiri pesta pernikahan dan merasa tertarik dengan dekorasinya, anda bisa menghubungi teman anda dan bertanya soal vendor mana yang dipakainya.

7. Catering

Makanan juga salah satu hal penting dalam pesta pernikahan. Jika kamu memutuskan catering, maka pilihlah yang tak hanya enak tapi juga terjangkau. Mulai dari menu utama sampai camilan-camilan, seperti kue-kue sampai minuman. Sekali lagi, cicipi dan bandingkan harga.
Jika kamu memutuskan tidak menggunakan catering, minta bantuan keluarga atau orang yang ahli dalam bidang memasak dalam jumlah besar untuk membuat anggaran menu. Tunjuk satu orang yang bertanggung jawab atas hidangan. mulai sebelum hari H sampai hari H.

5. Make up dan Busana.

Mulai mencari make up pengantin yang terpercaya dan juga sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu bisa cari di instagram yang biasanya akan membuat kamu lebih mudah melihat hasil kreasi sang make up artist. Begitu juga dengan busana, tentukan pakaian apa saja yang mau kamu gunakan. Biasanya kebanyakan pernikahan di Indonesia masih mengenakan pakaian adat sebagai salah satu busana pilihan. Pakaian adat tentu bisa disewa dari tempat penyewaan busan pengantin. Untuk gaun, bisa menyewa atau pun menjahitkan di butik langganan. Jangan lupa fitting minimal 2 kali sampat hari H, agar baju terlihat pas saat dikenakan di hari pernikahan.

6. Undangan dan Souvenir

Carilah undangan yang sesuai budget. Jika budget terbatas, tak perlu membuang uang dengan menggunakan undangan yang terlalu mewah. Cukup pilih undangan yang manis dan mudah untuk dibaca penerimanya. Budget undangan yang berlebihan bisa digunakan untuk keperluan yang lain. Sekadar saran, lebih baik anda mengundang tamu secara langsung. Jika tempat memungkinkan dan anda punya waktu luang, anda bisa langsung mengantar kartu undangan ke tamu langsung.

Namun, jika tidak memungkinkan, anda bisa mengirim kartu undangan lewat pos atau pun perantara. Jangan lupa, follow up setelah itu melalui telepon atau pesan dengan menanyakan apakah undangan telah diterima dan meminta kesediannya untuk hadir. Atau bisa juga anda menggunakan media internetnya dengan membuat undangan digital untuk membagikannya. Pastikan anda benar-benar mengirimnya satu-persatu ke pesan pribadi penerima undangan dan bukan asal tag karena akan terasa kurang sopan dan tidak benar-benar serius mengundang.

Selain itu, sebagai ucapan terima kasih kepada orang-orang terkasih yang telah meluangkan waktu menghadiri pernikahan kita, tentu kita ingin mempersembahan kenang-kenangan untuk mereka. Pilihlah sesuatu yang bermanfaat dan juga dapat digunakan. Misalnya saja, stationary unik, peralatan makan yang lucu, parfum atau lilin aroma terapi, pin atau brooch, dan sebagainya. Sesuaikan dengan budget dan jumlah tamu undangan.

7. Hiburan dan Dokumentasi.

Pesta pernikahan tanpa hiburan tentu terasa hampa. Mau band, organ tunggal, kasidahan atau apapun itu tentu sangat penting agar tamu merasa terhibur dan tak jenuh. Hubungi pihak hiburan paling tidak 2-3 bulan sebelumnya dan mulai bernego untuk masalah harga. Jika kita punya keinginan tertentu langsung sampaikan saja pada pihak mereka. Misalnya, kita ingin request pakaian penyanyi kelak harus tertutup atau kita punya song list yang ingin mereka mainkan. Komunikasi dua arah tentu akan membuat acara berlangsung dengan baik.

Dan pastinya kita tak ingin hari H kita terlewat begitu saja tanpa didokumentasikan lewat foto dan video. Pilih fotografer terpercaya yang memang kreatif dan mampu mengambil moment-moment terbaik di hari H tersebut.

8. Follow Up dan Final Check

Setelah seluruh vendor didapatkan, jangan langsung terlena. Anda harus mem-follow up lagi sebulan sebelum hari H sekaligus mengingatkan mereka bahwa acara kita sudah masuk daftar top priority mereka.

Tentunya sebuah pernikahan tidak didasari atas seberapa mewah pesta yang kita selenggarakan, namun seberapa baik niat kedua mempelai dan keluarga dalam melaksanakan ibadah tersebut. Adapun tantang yang kita hadapi dalam menikah bukan terletak pada hari H saja, melainkan hari setelahnya juga. Bagi para sahabat dan kerabat yang sedang merencakan hari pernikahannya, saya pribadi mengucapkan selamat berbahagi dan semoga lancar sampai hari H dan hari-hari setelahnya.




You Might Also Like

0 komentar

Baca juga :

Subscribe