The Lonely Shining Goblin

04.24



Anyone watch Korean Drama Goblin? 

Episode terakhir Goblin baru saja release dan saya masih merasa belum bisa move on dari drama bergenre romance fantasy tersebut. Sejak saya tahu Gong Yoo, Lee Dong Wook dan Sung Jae bakal main bareng di drama ini, tentu saja drama ini langsung masuk daftar waiting list untuk ditonton. Dan, usai menamatkan 16 episodenya saya sama sekali tidak kecewa dengan drama ini. Sungguh! Bisa dibilang drama Goblin adalah drama terbaik sepanjang tahun 2016 sampai awal 2017 ini. Di postingan saya di Drama Korea Terfavorit 2016, saya memang tidak memasukkan drama Goblin berhubung drama ini belum usai. Tapi, setelah menamatkan Goblin, saya bisa bilang drama ini yang nomor 1 sekarang di hati saya untuk tahun 2016 sampai awal Januari 2017.

The Lonely Shining Goblin :The Lonely and Great God (Guardian) bercerita tentang hidup Kim Shin, seorang jenderal zaman Goryeo yang memiliki dendam dan dikutuk menjadi seorang dokkaebi (goblin). Kim Shin tidak bisa mati dan tetap hidup selama 900-an tahun dengan sebilah pedang menancap di dadanya. 

Hanya seorang pengantin dokkaebi, Ji Eun Tak (Kim Go Eun) yang mampu mencabut pedang tersebut dari tubuh Kim shin dan sekaligus akan mengakhiri kehidupan abadinya.  Ji Eun Tak sendiri adalah gadis berusia 19 yang hidup menderita setelah ibunya meninggal dan ia terpaksa tinggal dengan keluarga bibinya yang kejam.

Ji Eun Tak sebenarnya sudah menjadi incaran seorang Grim Reaper (Lee Dong Wookk) sejak saat sebelum ia lahir. Namun, nyatanya Ji Eun Tak ditakdirkan untuk menjadi pengantin dokkaebi dan akhirnya Grim Reaper sepakat membiarkannya ia hidup agar bisa memusnakan Kim Shin selamanya.

Grim Reaper sendiri sebenarnya adalah jiwa manusia dari masa lalu yang telah berbuat dosa besar dan akhirnya menjadi malaikat maut. Grim Reaper tak bisa mengingat apapun tentang masa lalu, bahkan namanya sendiri

Grim Reaper yang akhirnya tinggal bersama Kim Shin malah menjadi akrab dan dekat meski keduanya tak mau saling mengaku bahwa mereka peduli satu sama lain. Keduanya selalu bermusuhan setiap harinya, namun saat itu pula keduanya mulai bersahabat dan sama-sama melindungi Ji Eun Tak dari bahaya.

Ji Eun Tak lalu bekerja di sebuah restoran ayam milik seorang wanita yang cantik dan menarik bernama Sunny (Yoo In Ha). Sunny adalah wanita yang selalu mengalami ketidakberuntungan dalam urusan cinta. Ia lalu pun bertemu dengan Grim Reaper dan jatuh hati seketika pada sosok tampan dan sikap polos sang Grim Reaper yang dianggapnya sangat menarik. Demikian pula Grim Reaper yang sempat tanpa sadar menangis saat melihat Sunny untuk pertama kalinya. Ia sendiri pun tak tahu alasannya menangis dan nyatanya hal ini berhubungan dengan masa lalu sang Grim Reaper yang telah dihapus dari ingatannya.

Adapula Deok Hwa (Yook Sung Jae), sang pewaris dari seorang kakek yang mengurus Goblin selama ini yang menambah cerita menjadi manis.


Kisah begenre fantasi ini dibalut dengan komedi dan romantisme dari Kim shin dan Eun Tak serta pasangan Grim Reaper dan Sunny. Saya dibuat banyak tertawa oleh sikap Kim shin dan Grim reaper  yang selalu bertengkar. Serta kepolosan Grim Reaper saat berhadapan dengan Sunny. Tanpa mereka ketahui bahwa mereka ternyata terhubung pada satu masa lalu yang begitu menyedihkan dan juga menyakitkan.

Harus saya akui, Kim Eun Sok adalah penulis luar biasa dimana drama yang ia tulis selalu memberikan suguhan menarik hingga booming dan mencapai kesuksesan. Drama-drama yang pernah ditulisnya adalah Secret Garden, Descendant of The Sun, dan lainnya. Demikian pula dengan Goblin yang pada episode terakhirnya mencapai 18,6% . Ini adalah pencapaian luar biasa untuk ukuran TV kabel. Drama ini juga diterima dengan sangat baik di negaranya sendiri dan juga oleh fans internasional.

Lalu, mengapa Goblin (Guardian: The Lonely and Great God) begitu booming?


Pertama, alur cerita yang tak biasa dan sulit ditebak serta karakter-karakter yang unik. Bercerita tentang seorang dokkaebi yang kesepian dan seorang gadis biasa yang terlahir sebagai pengantin dokkaebi, seorang malaikat maut yang selalu terlihat rapi, dewa yang bisa menjelma jadi siapa saja, dan sosok-sosok yang bereinkarnasi, tentu saja cerita ini dianggap begitu unik dan menarik oleh para penggemarnya.

Kedua, para pemain yang berkualitas dan popular. Siapa yang tidak mengenal Gong Yoo usai kesuksesan Film Train to Busan di tahun 2016 lalu. Sebenarnya, Gong Yoo memang sudah begitu tenar sebelumnya lewat drama Coffee Prince dan juga Big. Namun, usai bermain di Film bertema Zombie yang begitu mencekam, nama Gong Yoo menjadi begitu tenar di Korea Selatan dan juga dunia. Demikian pula dengan pemeran Ji Eun Tak, Kim Go Eun sebelumnya bermain di drama Cheese in The Trap dan Goblin adalah drama keduanya. Namun, meski baru memerankan dua drama, kualitas akting Kim Go Eun sudah sangat diakui lewat film pertamanya di tahun 2012 berjudul A Muse yang berhasil membuatnya meraih banyak penghargaan di dunia perfilman. Belum lagi, aktor Lee Dong Wook yang tak ragu mengambil drama ini walau biasanya ia menjadi pemeran utama di beberapa drama sebelumnya. Meski sebagai pemeran kedua, namun penulis memberi porsi yang sama pentingnya bagi Grim Reaper tampan ini bersama Yoo In Na sebagai pasangannya. Jadi, bisa dibilang di dalam drama ini seluruh pemain utama diberi porsi yang sama penting. Baik itu Kim Shin dan Eun Tak, maupun Lee Dong Wook dan In Na serta Deok Hwa. Mereka terlihat benar-benar total dalam drama

Ketiga, Efek Visual dan Cinematografi yang indah dan mumpuni. Mengambil latar drama dalam musim autum dan winter, kita bakal disuguhi oleh keindahan-keindahan visual dalam drama Goblin. Belum lagi efek-efek magis yang banyak terjadi dalam drama ini dikemas dengan apik. Saya sendiri sangat menyukai adegan monolog yang disertai visual-visual manis dalam gerak lambat dan saya mendapatkannya di sini. Setiap scene tokoh bermonolog saya dibawa hanyut dalam visualisasinya dan seakan ikut masuk ke dalam drama. Tempat-tempat yang menjadi latar drama juga keren-keren, mulai dari Canada sampai sudut-sudut kota di Korea Selatan yang tidak mainstream.

Keempat, Original Soundtrack yang membuat penonton hanyut dalam musik dan liriknya. Dalam drama Goblin kita memang banyak disuguhi adegan monolog dan juga adegan tanpa dialog yang tentu saja menjadikan kekuatan soundtrack sebagai pengantar cerita. Beberapa Original Sountrack Goblin termasuk daftar lagu yang kini sukses menduduk chart-chart di Korea Selatan. Pengisi Soundtrack drama ini pun memang penyanyi-penyanyi berkualitas seperti, Ailee, Urban Zakapa,

Dari banyak drama Korea yang sudah saya tonton, entah kenapa saya merasa drama Goblin ini adalah salah satu  yang paling lengkap komposisinya. Sampai saat ini, seperti ada sesuatu yang melekat di hati. Harus saya akui akting Gong Yoo Oppa dan Cs sangat-sangat luar biasa dan telah begitu bekerja keras. Saya sangat menyukai semua karakter yang ada. Saya bisa merasakan kesedihan dan kesepian karakter Kim Shin. Bahkan hanya dengan adegan Kim Shin duduk di kursi tamannya saja saya sudah tersihir dengan hal tersebut. Poker Face Lee Dong Wook masih yang paling memikat hati. Ekspresi ceria Ji Eun Tak dan senyumannya yang mampu membuat Kim Shin jatuh cinta juga terlihat natural. Sunny yang selalu bersikap seolah malas terlibat dengan banyak hal dan tidak mudah percaya dengan orang lain masih tampil cantik setiap saat. Dan juga the adorable Deok Hwa yang terlihat kekanak-kanakan padahal cukup cerdas untuk memahami semua situasi aneh di sekitarnya.

Saya bakal merindukan drama ini dan seluruh atmosfer yang ada di dalamnya. Sekali lagi, saya merekomendasikan drama ini untuk siapa saja dan saya juga memberi 5/5 bintang untuk drama ini. Rencananya drama ini bakal memberi 2 episode spesial minggu depan sebelum akan digantikan oleh drama berikutnya Tomorrow with You yang diperankan oleh Shin Min Ah.

Grim Reaper and Kim Shin (Goblin)


Goblin dan Pedangnya yang fenomenal

Sunny and Grim Reaper first meeting

Deok Hwa











You Might Also Like

0 komentar

Baca juga :

Subscribe