Tuk Tuk , Samosir Island

23.02

Ujian Formative 3 semester 2 untuk mata kuliah structure memberikan pengalaman liburan yang cukup menarik. dosen kami, Mam Aisyah memberikan tugas : Interviewing a vendor at Tuk Tuk, Samosir Island. walaupun mengalami sedikit kendala di awal pemberangkat, tapi the vacation must go on...

Tuk Tuk adalah sebuah daerah wisata yang berada di Pulau Samosir. sebelumnya udah tahu kan Pulau Samosir dimana ? Kalo belum, oke saya akan menjelaskan ( ehkhhhemm). Baiklah, Pulau samosir berada di tengah-tengah danau toba, Sumatera Utara dulunya kata guru saya, Danau Toba adalah sebuah gunung berapi aktif yang sangat besar. lalu suatu ketika terjadi letusan. Biasanya letusan keluar dari ujung tertinggi gunung, tapi ini tidak. letusan terjadi di sekitar pertengahan perut gunung. menyebabkan lubang yang besar di perut gunung, sedangkan puncaknya masih tetap utuh. nah perut gunung yang meletus membentuk lubang dipermukaannya, sedangkan puncak gunungnya turun ke tengah permukaan yang berlubang tersebut, nah permukaan yang berlubang itu pun terisi air dan menjadi danau toba, sedangkan puncak gunung yang berada tinggi di tengahnya menjadi sebuah pulau, yaitu pulau samosir.
Nah, begitulah kurang lebih yang saya cernah dari keterangan guru saya. namun, banyak legenda lainnya yang mendasari terbentuknya pulau samosir dan danau toba, lain kali akan saya share...

Kembali ke ujian sekaligus liburan di Tuk tuk Samosir Island, dari pelabuhan danau toba, kami pun menyebrang menggunakan kapal penyebrangan bertingkat 2. kami beramai-ramai memilih duduk di lantai 2 karena dari sana pemandangan asli danau toba pun terlihat dengan jelas. namun, karena kami terlalu banyak bergerak, kapal kami pun jadi bergoyang keras melawan riak air.

takut, kapalnya goyang-goyang. ayo pegangan erat-erat.

nah, sekitar 30 menit kemudian, kami pun tiba di sebuah penginapan yang berada di pinggir danau bernama Anju Cotagges di tuk tuk. view di  sana is really awesome. berhubung kami tiba sekitar ukul 5 sore. kami pun langsung membooking kamar dan istirahat sejenak. saya pun sekamar dengan sahabat2 saya : si Bunda, si adek n' si tante. yes, we' are a family in friendship.

Nah, saat yang di tunggu2 tiba, kami akan hunting foto sunset. sayangnya, kami sedikit terlambat. tapi, hunting must go on. so, kami pun berfoto ria bersama beberapa sahabat lainnya.

si bunda devi, si tante nda, si adek nur, and me si bulek

+ si ayah ozy n' si tetangga husein

malam itu kami tidak punya kegiatan yang cukup berarti, jadi kami lebih memlih sharing di kamar sambil istirahat. ahh, lelah sekali. ini pertama kalinya kami sekamar dan ternyata masing-masing kebiasaan buruk pun terbongkar. hahahaha, ada yang ternyata ceroboh minta ampun so clumsy, ada yang miss. clean ( gak bole ada yang berantakkan sedikit pun, ada yang suka nyanyi-nyanyi gak jelas :), ada yang tidurnya berantakan, ada yang tukang laper, banyak deh pokoknya.
jadi gak sabar menanti hari esok... :)

keesokannya, dosen memberi free time utk liburan selibur-liburannya (apaan sih bahasanya)
sebagian besar memilih utk jalan-jalan ke daerah sekitar, melihat-lihat indahnya Tuk-tuk naik sepeda yang bisa di rental dengan kisaran harga Rp. 9000, atau bisa juga nge-rental sepeda motor dengan harga Rp. 20.000.
nggak tau entah karena nggak punya uang atau apa, kami milih jalan kaki (kasian)... bukan apa-apa sih, rasanya jalan kaki lebih seru aja, lebih terasa perjalanan setiap langkahnya (modus). but, we got what we called " beauty of nature". Sumpah, indah banget walaupun agak serem jalan2 cuma berempat dan cewek semua.

asli capek loh jalannya... mana tanjakkan turunan, walaupun sepi harus tetap waspada, kadang ada mobil yang melaju agak kencang muncul tiba-tiba di belakang kita.

Tapi yang asyik kalau jalan kaki, kita bisa mengamati setiap pemandangan dengan detail dan lebih gampang buat ambil foto... apalagi kita banyak liat bangunan-bangunan tua khas Batak dengan atap yang runcing gitu.. keren deh pokoknya..

Sebagian besar, bangunan itu adalah penginapan lain, cuma letakkan gak pas di pinggir danau kayak di Anju Cottages, but pemandangannya tetep bagus kok... soalnya berada di tempat tinggi...
another cottages

mysterious cottages
Cottages di atas itu misterius banget, tempatnya gak seem dan berantakan.. tulisan di boardnya sih ada jual pizza, but so quite place..

sebenarnya masih banyak cottages lainnya, tapi kita gak berani ambil foto, bahkan ada 1 cottages yang benar2 serem amat... bertingkat dan dipenuhi tumbuhan menjalar... serem..

di jarak2 tertentu banyak ditemui rumah makan loh ala2 eropa gitu, yang dijual juga pizza spagetti dll... daftar menunya di tulis di papan tua, bangunannya juga unik dan tua, keren deh pokoknya serasa berada di eropa beneran.. selain rumah makan, banyak juga ditemui rental buku... di tuktuk, semua boardway itu pakai bahasa inggris keren loh...

ini adalah salah satu, rental buku yang kita suka...

Buku-buku yang disewain kebanyakan novel-novel bahasa inggris, idih rasanya pengen di bawa pulang semua deh... apalagi novel-novel tersebut kebanyakan langkah, kayaknya di toko buku G******* juga belum tentu ada deh...
Selain novel-novel bahasa inggris, mereka juga menyediakan fasilitas penyewaan map, sepeda motor, sepeda, hiring guide, sampai penukaran uang.

Hari makin sore, saatnya pulang udah capek.

Oh ya, di Tuk-tuk,  wisatawan asing juga banyak loh, mereka bahkan ada yang menetap di sana berbulan-bulan (ngindari petugas deportasi kali ya)... sepanjang jalan gak sedikit kami berpas-pasan dengan mereka...
here, take a picture with them...

look, serasi bangetkan aku (black t-shirt girl) with si bule...

Setelah itu, kami pun balik ke cottages... siap-siap soalnya, malem harinya ada acara kebersamaan, nyanyi gitu deh... tapi bukan itu yang aku tunggu...
hari itu adalah hari finalnya liga champion 2011 antara Barcelona (My fave FC) vs Man. United. aku bersama temen-temen cowok siap2 buat nonton bareng jam 2 pagi.
alhasil tepat jam 1 malam kami berkumpul untuk berangkat ke tempat nobar, widih, tempatnya sih gak gitu jauh tapi yang dilewati serem amat, padahal waktu siang lewat situ gak gitu serem, tapi gitu malam tiba, ihhh...

dan untuk pertama kalinya, admin berada di atmosfer lain loh, ternyata tempat nobar itu adalah Anju karaoke yang sebelahan sama sebuah pub, gila isi pubnya bule-bule teler yang lagi ajeb-ajeb... ckckck... agak serem sih, mereka kan mabuk takut kalau-kalau bertingkah macam-macam  (admin kan anak baik)...
alhasil, kami yang berjumlah hampir 30 orang, cowok 24 dan cewek 6 orang berhasil masuk ke tempat karaoke yang sumpah bau minuman dan rokok, tapi demi Barca biarlah... mereka yang awalnya semangat bergebu-gebu buat nonton malah sebagian besar ketiduran di tempat itu... beghh...
dan, alhasil pertadingan pun berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Barcelona, visca Barca.... Tepat pukul 4, kami kembali ramai-ramai ke cottages dan tidur.
Paginya, temen2 1 kamar marah-marah. " Ih, sarungmu bau rokok."