Kartun Biologi Genetika ^^ Book Review

21.50


Membaca Buku Pelajaran ? Siapa takut.




Judul                :           Kartun Biologi Genetika
Penulis             :           Larry Gonick dan Mark Wheelis
Illustrator          :           Larry Gonick
Penerjemah      :           Tri Pujanarto
Penerbit           :           KPG ( Kepustakaan Populer Gramedia )
Tahun Terbit    :           2007
Tebal               :           216 hal
Harga              :           Rp. 36.000,00


Membaca buku pelajaran, terkadang terdengar kurang menarik bagi kita. Entah mengapa banyak pelajar secara umum menyatakan membaca komik, novel, ataupun majalah, jauh lebih menarik daripada harus mambaca sebuah buku pelajaran. Begitu juga dengan kami, yang terkadang begitu malas menyentuh buku pelajaran jika tidak sedang sangat membutuhkannya.

Namun, paradigma kami ini terpatahkan ketika buku karya Larry Gonick dan Mark Wheelis ini ada di tangan kami dan bisa di bilang menjadi “bacaan ringan” bagi kami kali ini. Buku yang berisi mengenai awal mula manusia purba mengenal reproduksi atau memperoleh keturunan ini dibuat sedemikian rupa menjadi sangat renyah, kocak, dan mudah di pahami daripada harus membaca buku-buku pelajaran biasa. Sehingga kami tidak merasa bosan membolak-balik setiap halamannya.

Contohnya saja, pada saat manusia purba menyangka bahwa batu adalah makhluk hidup. Manusia purba tersebut digambarkan sedang memukul batu besar. Batu besar yang dipukul itu pecah dan mengeluarkan pecahan batu-batu  kecil. Dan, manusia purba tersebut menyangka bahwa batu tersebut baru saja bereproduksi dan menghasilkan keturunan batu-batu yang lebih kecil. Larry Gonick sebagai illustrator menggambarkan manusia purba tersebut dengan sangat kocak. Sehingga tanpa sadar kita telah mendapatkan sebuah ilmu pada saat membaca kartun Biologi Genetika ini. Istilahnya “ tertawa sambil menambah wawasan “. Sejalan perkembangan pemikiran manusia, dibuku ini digambarkan bahwa manusia  melakukan banyak penelitian sehingga diketahui jumlah-jumlah kromosom pada makhluk hidup. Dan juga penurunan sifat oleh induk ke anaknya.

Alasan buku ini lebih enak dibaca daripada buku pelajaran biasa, terletak pada cara penyampaian penulis. Tentu saja buku ini jadi terlihat lebih menarik karena materi biologi genetika yang biasanya hanya dalam bentuk susunan kalimat dan paragraf, namun pada buku ini dikemas dengan ilustrasi-ilustrasi yang sangat kocak. Hanya saja buku ini pasti akan lebih menarik jika ilustrasi tersebut diberi sentuhan warna.

Namun, terlepas dari masalah pewarnaan pada ilustrasi gambar tersebut, buku ini sangat lengkap pembahasannya mengenai materi Genetika. Semuanya di bahas secara lengkap dan terperinci dalam buku ini. Sehingga bagi para pelajar buku ini sangat membantu dalam mempelajari dan memahami topik pelajaran genetika yang ada di sekolah. Buku ini dapat kita jadikan bacaan ringan di waktu-waktu senggang. Jadi siapa yang takut membaca buku pelajaran seperti ini ? Kami tidak.


Peresensi         :           Ika Yuliana
                                   Irdani Gustira
                                   Irna Junita
                                   M. Aidil Akbar
Kelas              :            XII Ipa 2
Tahun             :            2009

You Might Also Like

0 komentar

Baca juga :

Subscribe