[TIPS] Belajar Bahasa Inggris, kita pasti bisa!

10.02

Sebagian besar dari kita pasti sering merasa, kalau kemampuan bahasa inggris yang kita punyai itu sangat pas-pasan atau malah di bawah standart. Ada yang sudah mengambil les bahasa inggris bertahun-tahun pun masih nggak PD sama kemampuan bahasa inggrisnya sendiri, apalagi yang nggak ada basic sama sekali, pasti banyak yang langsung terintimidasi kalau sudah berurusan sama bahasa internasional satu ini.

Tapi, sebenarnya kita bisa kok meningkatkan kemampuan bahasa inggris kita, caranya:

1. Harus punya niat,
Segala hal yang dimulai dengan niat yang baik, pasti akan jauh lebih berhasil dari pada yang nggak niat. Jadi sebelum mulai, kita harus punya niat dan tekad yang kuat untuk belajar sebaik mungkin. Nggak mengenal kata lelah atau pun menyerah.

2. Punya kamus.
Yang ini penting sebagai dasar. Jadi kalau selama proses belajar, ada kata-kata yang tidak kita ketahui artinya. Maka cepat-cepatlah buka kamus. Jangan malas untuk menemukan arti. Untuk pemula, bisa pake kamus Indonesia-English atau English-Indonesia. Tapi, untuk tingkat lanjutan, kalau bisa harus punya Oxford Dictionary ya.

3. Lagu dan Film
Mulai dari sesuatu yang kamu sukai, misalnya kamu suka dengar lagu. Maka perbanyaklah mendengar lagu bahasa inggris. Hal ini penting, cari lagu yang mudah dan enak. Biasanya untuk pemula, coba dengar lagu-lagu lama dulu, seperti lagu-lagu Westlife, Celine Dion, dan lain-lain karena lagu-lagu lama masih banyak menggunakan kata-kata yang baku dan mudah dipahami. Cari liriknya, coba terjemahkan kata-katanya, lalu dengarkan bagaimana cara mengucapkan setiap kata. Misalnya I have a dream. Kamu pelajari, bagaimana membaca I, Have ,A, Dream dengan pas.
Setelah itu, kamu bisa nonton film-film berbahasa inggris. Untuk pemula, pilih film yang ringan-ringan saja. Gunakan subtitle Indonesia. Dengarkan setiap perkataan yang diucapkan di dalam dialog sambil baca artinya. Tonton film beberapa kali, atau ulang adegan beberapa kali sambil menyimak ucapan mereka. 
Setelah lumayan mengerti cerita film tersebut, ganti subtitle ke dalam bahasa inggris. Jadi, setelah paham artinya, sekarang kamu pelajari tulisan dari kata-kata yang mereka ucapkan tadi. Kalimat - kalimat dalam hasa inggris tersebut sangat membantu untuk meningkatkan grammar kita. 
Atau kamu juga bisa pakai 2 subtitle sekaligus, bahasa Indonesia dan English.

4. Perbanyak membaca

Membaca di sini, tidak harus tentang buku melulu. Kamu bisa mulai dari kalimat-kalimat pendek di sosial media atau artikel-artikel yang ada di internet.
Jangan malas membaca tulisan berbahasa inggris. Umumnya kita malas membaca sebuat tulisan yang muncul dalam bahasa inggris. Contohnya aja di handphone kita yang terkadang mendadak keluar sebuah peringatan berbahasa inggris. Kebanyakan dari kita langsung panik bertanya pada teman, ini maksudnya apa, tanpa membaca terlebih dahulu.
Membaca sangat penting untuk reading and writing skill.
Carilah satu artikel atau berita berbahasa inggris dari internet.
Lalu, tuliskan artikel tersebut di buku kita. kenapa harus ditulis ulang? Biar mengasah kemampuan mencatat kita. 
Baca ulang kalimat pada artikel tersebut dengan keras.
Kemudian, garis bawahi kata-kata yang sulit atau belum tahu cara pengucapannya dengan tinta biru. Lalu, garis bawahi kata-kata yang tidak kalian ketahui artinya dengan tinta merah.
Saatnya keluarkan kamus. Untuk yang tinta biru, cari,kata tersebut, lalu lihat cara membacanya yang ada di dalam tanda kurung setelah kata tersebut.
Untuk yang bertinta merah, lihat saja artinya lalu coba baca kembali dan pahami artinya.

Untuk tingkat lanjutan, coba baca artikel tanpa menerjemahkannya ke dalam bahasa indonesia.
Bayangkan saja maknanya. Karena kebanyakan pada orang-orang yang sudah memiliki basic bahasa inggris, entah itu les atau apapun, kalian sebenarnya sudah paham makna kata, hanya saja mempersulit diri dalam menerjemahkannya ke dalam bahasa indonesia. (Kecuali kalau kalian mengambil kelas translation yang memang mengharuskan kita untuk menerjemahkan kalimat bahasa inggris ke dalam bahasa indonesia)

5. Speak up!
Ini adalah masalah penting lainnya. Dan, masih banyak orang-orang yang punya basic bahasa inggris pun yang masih nggak berani untuk ngomong.
Banyak yang kalau disuruh ngerjain tes tertulis, bisa dapat nilai tinggi. Tapi, giliran disuruh ngomong, masih enggan.
Faktor utamanya adalah takut. Takut salah ngomong bahasa inggris, takut diketawain teman-teman, takut dibilang sombong karena pakai bahasa inggris, dan takut-takut yang lainnya.
Harusnya kamu sih pede aja, jangan takut salah, toh bahasa inggris kan bukan bahasa ibu kita. Orang-orang bule juga lucu kalau disuruh ngomong bahasa indonesia tapi mereka pede aja tuh. 
Tapi, ada kok cara meningkatkan sedikit pede kamu.

6. Ngomong sendiri.
Sekarang praktekkan bahasa inggris kamu di cermin. Coba dialog-dialog gampang saja dulu. Untuk sementara, belajar ngomongsendiri dulu. Misalnya, kamu lagi sebel sama teman kamu, kamu boleh kok coba ngomong sendiri di kamar tentang perasaan kesel kamu dalam bahasa inggris
Contohnya, "I don't like her. She said that she will return my book. She is a liar."

7. Boneka
Coba mainkan boneka atau buat puppet show. Jadi buat seolah-olah boneka kamu adalah teman yang saling mengobrol dengan bahasa inggris. Dan, kamu adalah pengisi suaranya.

8. Teman ngobrol
Cari teman yang kira-kira mau dijadikan teman latihan. Kalau kamu milih yang lebih jago bahasa inggrisnya, bagus. Bilang aja terus terang kalau kamu mau praktek berbicara dalam bahasa inggris. Jadi kamu butuh dia untuk latihan. Sekalian minta dia koreksi kata-kata yang salah.
Kalau dapat teman yang sama2 pas-pasannya, nggak apa-apa juga. Jadi kamu dan dia bisa sama2 latihan dengan baik, juga saling koreksi. Kalau dia lebih parah dari kamu, ya sekalian ajarin juga. Kan ketika kita mengajari orang lain sama artinya dengan belajar 2 kali lipat. Jadi, kita semakin mahir. 

Intinya Practice makes perfect. Semakin banyak latihan maka semakin sempurna.
Tapi, kembali ke yang paling dasar, yaitu niat untuk membuat diri kamu lebih baik lagi.
Tidak ada yang instan di dunia ini, bahkan mie instan aja butuh proses memasak. Belajar itu adalah proses yang manfaatnya jangka panjang.
Jadi, jangan berhenti belajar ataupun malas ya. Semua kan demi kebaikan dan masa depan kamu sendiri.
Fighting !! ^^,

You Might Also Like

0 komentar

Baca juga :

Subscribe